MEDIA INFORMASI IKAN HIAS DAN TANAMAN AIR
Pastikan Aquarium Anda Indah dan Sehat
 
koleksi hobiis
profil hobiis
online store  
 

 

   

 

O-Fish: Master
 
AIR
Keistimewaan Air
Air adalah satu-satunya benda di atas bumi ini yang dalam kondisi sehari-hari dapat kita jumpai dalam 3 ujud sekaligus: cair (air), gas (uap air) dan padat (es). Air merupakan sumber kehidupan dan konon pula merupakan asal-muasal kehidupan itu sendiri di planet ini.
 
Kualitas Air
Secara umum kualitas air berhubungan dengan kandungan bahan terlarut didalamnya. Tingkat kandungan dari bahan tersebut akan menentukan kelayakannya. Setiap mahluk hidup memerlukan kandungan bahan terlarut yang berbeda, sehingga kualitas airpun bersifat relatif bagi satu mahluk hidup ke mahluk hidup yang lain.
 
Bahan Terlarut

Tidak semua bahan terlarut dalam air berbahaya bagi kehidupan ikan hias, beberapa diantaranya justru sangat diperlukan dan wajib ada. Bahan tersebut adalah oksigen. Untuk tumbuhan air karbon dioksida diperlukan kehadirannya. Sedangkan untuk penghuni air laut kalsium sangat diperlukan.

Bahan terlarut lain yang diketahui tidak menguntungkan dan bahkan beracun adalah amonia.  Nnitrat sampai tahap tertentu berakibat buruk pada ikan, Begitu juga dengan beberapa kandungan logam berat . Satu bahan yang akrab dalam kehidupan kita sehari-hari tetapi sangat fatal bagi ikan adalah klorin. Bahan ini kerap ditemukan dalam air olahan suatu perusahaan air minum yang sering dipergunakan sebagai salah satu sumber air akuarium

 
Parameter Umum

Air untuk keperluan kehidupan ikan, tanaman dan komunitas air lainya sering dinyatakan dengan parameter umum sbb: pH, KH, GH, alkalinitas, kesadahan, salinitas, dan temperatur.

O-Fish: Master
 

 

PARAMETER AIR
Kesadahan (GH/KH)
Kemasaman (pH)
Karbon Dioksida (CO2)
Temperatur
Salinitas
Kualitas Air
 

 

Air yang bening secara visual bukan merupakan jaminan air yang sesuai bagi kehidupan ikan hias dan komunitas air lainnya. Pastikan bahwa anda memiliki teskit sederhana untuk menentukan paramater air yang diperlukan.

 

  

 

Kecuali disebutkan dengan jelas, seluruh tulisan, gambar, ilustrasi dan foto pada situs web ini dibuat oleh Wahyu Purwakusuma. Tidak diperkenankan mereproduksi seluruh maupun sebagian isi situs ini dalam bentuk maupun media apapun tanpa ijin tertulis dari O-Fish.com