MEDIA INFORMASI IKAN HIAS DAN TANAMAN AIR
Pastikan Aquarium Anda Indah dan Sehat
 
koleksi hobiis
profil hobiis
online store  
 

 

   

 

::O-Fish: Algae, Permasalahan dan Penanggulangannya
 
AKUARIUM SEL/AKUARIUM BARAK

Apabila anda termasuk orang yang sibuk sehingga tidak mempunyai banyak waktu untuk mengganti air pada akuarium invidu untuk cupang anda. Maka penggunaan akuarium sel mungkin bisa menjadi salah satu solusi. Gambar dibawah menunjukkan salah satu rancangan akuarium sel untuk ikan cupang. Akuarium ini dihubungkan ke suatu sistem filter, sehingga kualitas air diharapkan akan tetap terjamin tanpa kita harus sering mengganti air

 
Gambar 1. Sketsa Akuarium Sel (tampak atas)
 
Keterhubungan sebuah akuarium sel dengan filter dapat dilakukan dengan menggunakan jasa lembar filter under gravel, atau benda lainnya yang kurang lebih bisa berfungsi serupa. Lembar filter under gravel ini digunakan sebagai sarana pengaliran air dari setiap sel ke filter, bukan berfungsi sebagai filter itu sendiri. 

Gambar 2 dan 3 menunjukkan sirkulasi air yang terjadi didalam akuarium sel. Pada Gambar 2, sirkulasi air berlangsung melalui lubang-lubang yang terdapat pada sekat. Air bersih yang berasal dari filter didistribusikan melalui lubang-lubang ini. Selanjutkan air akan terhisap masuk kedalam filter melalui dasar akuarium melewat celah pada lembar filter undergravel. Apabila celah lemar filter under gravel tersebut terlalu lebar, sehingga dikhwatirkan sirip ikan akan terjepit, maka dipermukaan atas lembaran filter tersebut dapat diberi lapisan kasa nyamuk plastik, atau modifikasi yang lainnya.

 
Gambar 2. Skema Sirkulasi Air
 
Apabila anda tidak ingin atau merasa repot dengan melubangi setiap celah, maka pendistribusian air dapat dilakukan dengan bantuan pipa PVC. Selanjutnya dari pipa PVC tersebut air bisa langsung dikocorkan kedalam sel dengan membuat lubang pada interval tertentu, atau bisa juga alirkan terlebih dahulu melalu selang kecil. Mana yang lebih cocok, silahkan dipertimbangkan. (Gambar 3 dan Gambar 4).
 
Gambar 3.
Distribusi air dilakukan melalui pipa kemudian dikeluarkan melalui selangg-selang kecil ke setiap sel.
 
Gambar 4.
Contoh aplikasi distribusi air menggunakan selang kecil ke setiap sel.  Cupang sering tampak senang bercengkrama di sekitar kucuran air tercebut.
 

Seperti diketahui bahwa cupang di alam hidup pada air tegenang, oleh karena itu sirkulasi air dalam akuarium sel bisa dibuat selembut mungkin. Gunakan kapasitasa pompa yang sesuai. Aliran yang terjadi pada sistem akuarium sel ini, dapat pula membantu cupang untuk melatih otot-otot siripnya, dan cupang bisa menjadi aktif sehingga diharapkan pertumbuhannya menjadi lebih baik dan lebih sehat.

  

 

Kecuali disebutkan dengan jelas, seluruh tulisan, gambar, ilustrasi dan foto pada situs web ini dibuat oleh Wahyu Purwakusuma. Tidak diperkenankan mereproduksi seluruh maupun sebagian isi situs ini dalam bentuk maupun media apapun tanpa ijin tertulis dari O-Fish.com