MEDIA INFORMASI IKAN HIAS DAN TANAMAN AIR
Pastikan Aquarium Anda Indah dan Sehat
 
koleksi hobiis
profil hobiis
online store  
 

 

   

 

 
TEMA AKUARIUM (lanjutan)
Menyiapkan Dekor

Dekor tidak berarti harus selalu mahal. Disamping itu, tidak perlu pula anda harus mengangkat material sebenarnya dari alam ke rumah anda. Beberapa tema, bahkan bisa dibuat secara artificial dengan menggunakan bahan yang mudah didapat disekitar kita. 

Beberapa hobiis sering memanfaatkan semen putih, atau bahkan semen hitam untuk membuat dekorasi akuariumnya. Selain itu, dapat pula digunakan bahan seperti kulit tanaman, untuk meniru batang tanaman sebagai latar akuarium, batu-batu kecil yang ditempel pada papan, lempengan atau serpihan batu, dan lain-lain. Beberapa dekorasi latar, bahkan tidak perlu dicelupkan kedalam air akuarium anda. Oleh karena itu anda dapat menyusunnya di luar akuarium kamudian dipasang di bagian belakang luar akuarium anda. (Gambar 5)

 
Gambar 4. Dekor Latar Akuarium Afrikaan
 
Gambar 5
Membuat latar belakang akuarium tidak berarti harus dicelupkan kedalam air.  Tema batang kayu ini dibuat dengan melekatkan kulit kayu pada selembar papan (kiri).  Kemudian meletakkannya  dibelakang luar akuarium (kanan) 
 
Salah satu bahan yang sering digunakan sebagai latar akuarium dan relatif mudah dibentuk adalah Styrofoam. Styrofom dapat dibentuk dengan menggunakaan pisau, atau melalui pemanasan. Potong dan pasang sementara bahan sytrofom ditempat yang ingin anda dekor. Kemudian lepas kembali. Buat pola sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Lalu ukirlah. Setalah selesai catlah permukaan Styrofoam dengan menggunakan resin yang telah dicampur pewarna sesuai dengan tema kita. Setelah kering pasang kembali ditempat yang ditentukan sebelum. Gunakan lem kaca untuk melekatkan bagian styrofoam ini. Setelah itu maka akuarium andapun akan tampak tampil beda (Gambar 6 dan 7).
 

  

 

Kecuali disebutkan dengan jelas, seluruh tulisan, gambar, ilustrasi dan foto pada situs web ini dibuat oleh Wahyu Purwakusuma. Tidak diperkenankan mereproduksi seluruh maupun sebagian isi situs ini dalam bentuk maupun media apapun tanpa ijin tertulis dari O-Fish.com