Ngantuk
Toko Ikan OnlineKoleksi HobiisLelang Ikan OnlineForum DiskusiGallery MemberO-Fish.com

Info Luo Han - Cupang Hias - Pojok Koi - Arwana - Diskus - Akuarium Laut - Info Perundangan - Info Karantina - Maskoki

O-Fish: Setup Akuarium Koral 2

  

  

 

   

    

Artikel

Pasca Caulerpa

Konsep Akuarium Koral bag.2

Konsep Akuarium Koral

Menyiapkan Akuarium Laut

Pentingnya Water Motion

Temperatur Akuarium Laut

Ikan Hias atau Koral bag. 2

 

 

   SETUP AKUARIUM KORAL
(sebuah konsep)

    

  

  

Setup Akuarium laut

Direktori IkanLaut

Direktori Koral

Parameter Air Laut

Ekosistem Akuarium Laut

 

Pernahkan anda membayangkan keindahan laut pada lingkungan koral di kedalaman tertentu, dengan berbagai ragam warna, bentuk dan tingkah laku penghuninya yang memukau. Dengan kesabaran dan ketekunan anda dapat menghadirkannya di rumah anda. Tapi jangan lupa pula untuk turut serta berpartisipasi melestarikan mereka dan lingkungan mereka di habitat aselinya.

 

 

( Bagian Kedua)
Jong Huat, Maret 2004

RACEWAY SUMP
Raceway sump, adalah komponen kedua dalam konsep sistem akuarium koral ( reef aquarium ) yang kami sampaikan.

Gambar satu ini kembali kami tampilkan, untuk mengingatkan kembali rangkaian sistem dalam konsep ini.

Secara singkat dapat kita katakan, raceway sump adalah sebuah sump yang dirancang untuk memperpanjang siklus aliran air yang kita treatment dalam sistem filtrasi ini. Sump tersebut, dibuat dalam bentuk 3 sampai 4 lajur untuk sirkulasi/aliran air. Semakin banyak lajur yang dapat dibentuk, semakin baik manfaat yang dapat diberikan raceway sump tersebut.

Perhatikan gambar sketsa berikut, supaya jelas.

Dasar dari sebuah raceway sump, adalah lapisan pasir yang telah dicampur dengan humus tanah ( organic matter ), fungsinya untuk menumbuhkan algae di dasar raceway sump ini. Anda boleh menanam rumput asam sebanyak mungkin dan membentuk hutan di raceway sump. Jadi raceway sump adalah vegetasi filter. Sirkulasi raceway sump memanfaatkan beberapa powerhead, yang ditempatkan pada masing-masing ujung laju ( perhatikan gambar ).

Beberapa modifikasi dari raceway sump dapat dilakukan, untuk meningkatkan manfaat dari raceway sump tersebut. Misalnya, raceway sump dibuat dalam bentuk bak semen/kolam yang berada pada lokasi yang mendapat sinar matahari langsung sepanjang hari. Raceway sump yang dibuat dari bahan semen dan bata, dapat membuat aliran air lebih sejuk dan stabil. Kita juga dapat memodifikasi skat pemisah antara lajur yang satu dengan lajur yang lain, dengan membuat susunan dari bata, tetapi tidak disemen mati. Susunan bata ini ditengah di-isi pasir bercampur Lumpur, untuk kemudian ditanami pohon-pohon bakau. Supaya pasir dan Lumpur tidak keluar dan tetap berfungsi sebagai benteng pemisah lajur, dapat dilapisi dengan busa. Lumpur dimaksud adalah Lumpur yang diambil dari lokasi dimana kita mengambil bibit pohon bakau untuk ditanam.

Gambar berikut menunjukkan raceway sump dibuat dari bata dan benteng pemisah lajur adalah susunan bata yang ditengahnya ditanami bakau.

Pada raceway sump selain menghadirkan pasir dengan campuran humus tanah, untuk menumbuhkan algae sebanyak mungkin, juga boleh menghadirkan aptasia anemone disini, sebab jenis ini akan membantu treatment air yang melalui raceway sump ini. Sistem vegetasi yang dikombinasikan dengan raceway sump, dapat menetralisir Nitrate yang ada di akua utama.

Raceway sump juga bisa dipergunakan sebagai wadah untuk karantina beberapa jenis koral baru dibeli, sebelum digabungkan ke akua utama. Goniopora, Anemon, menyukai sistem aliran seperti ini.

Raceway sump ini tetap memerlukan pencahayaan yang memadai, sebab algae sangat membutuhkan cahaya untuk photosintesis. Selain itu, penambahan sedikit Fe ( zat besi ) secara periodik juga di perlukan, untuk menambah pertumbuhan algae pada raceway sump ini.

.

akuarium laut - setup akuarium laut  - instalasi dasar - komponen instalasi - ekosistem akuarium laut - marinescaping - direktori ikan laut - direktori koral  - kalkwasser

 

Copyright  2002-2005 © O-FISH. All Rights Reserved
Tidak diperkenankan mereproduksi seluruh maupun sebagian isi situs ini
dalam bentuk maupun media apapun tanpa ijin tertulis dari O-FIsh.com