MEDIA INFORMASI IKAN HIAS DAN TANAMAN AIR
Pastikan Aquarium Anda Indah dan Sehat
 
koleksi hobiis
profil hobiis
online store  
 

 

   

 

 
Pasca Pembuangan Caulerpa dan Pasca Over Dosis
Bahan Kimiawi dan Pakan
oleh Hendrawan
 

Pada kesempatan ini akan diceritakan beberapa pengalaman saya dalam memelihara akuarium laut setelah cukup lama mempraktekkan teori yang diperoleh melalui internet dan teman-teman lainnya. Akuarium saya sekarang telah memasuki usia dua tahun dengan tingkat keberhasilan 80% untuk jenis-2 tertentu dan 100% untuk jenis2 tertentu lainnya

CAULERPA
Berikut adalah pengalaman saya mengenai pasca pembuangan Caulerpa dan pasca over dosis zat kimia. Pada waktu itu, saya berhasil menumbuhsuburkan caulerpa secara luar biasa. Hampir seluruh akuarium penuh dengan caulerpa seperti terlihat pada salah satu contoh akuarium saya pada gambar 1.

 
Gambar 1. Akuarium dengan Caulerpa
 
Bagi rekan hobiis yang menginginkan Caulerpa-nya tumbuh subur, hal yang perlu mendapat perhatian adalah cahaya dan zat additive. Cahaya yang diperlukan untuk pertumbuhan Caulerpa sangat sederhana dan tidak membutuhkan lampu metal halide, dalam hal ini cukup menggunakan lampu Fluorencent dengan temperatur cahaya cukup 6500°K sedangkan zat additive yang diperlukan adalah iodine atau besi. Pertumbuhan Caulerpa sangat cepat, dalam waktu beberapa bulan akuarium bisa penuh dengan Caulerpa asalkan tidak dimasukkan ikan pemakan tumbuhan seperti jenis tang dan bulu babi.

Apabila telah berhasil menumbuhkan Caulerpa secara luar biasa, maka Caulerpa tersebut harus disiangi secara rutin. Biasanya dilakukan sebulan sekali dengan dibuang sebanyak 10-20%. Pembuangan Caulerpa dalam jumlah banyak akan mempunyai dampak negatif bagi akuarium yang semula penuh dengan Caulerpa. Pembuangan Caulerpa bertujuan untuk membuang fosfat dan bebarapa unsur lainnya. Oleh karena itu pemeliharaan Caulerpa sebaiknya dilakukan di akuarium khusus jangan di akuarium display karena dapat merusak pemandangan seperti menutupi invertebrata kesayangan anda nantinya.

 

  

 

Kecuali disebutkan dengan jelas, seluruh tulisan, gambar, ilustrasi dan foto pada situs web ini dibuat oleh Wahyu Purwakusuma. Tidak diperkenankan mereproduksi seluruh maupun sebagian isi situs ini dalam bentuk maupun media apapun tanpa ijin tertulis dari O-Fish.com