MEDIA INFORMASI IKAN HIAS DAN TANAMAN AIR
Pastikan Aquarium Anda Indah dan Sehat
 
koleksi hobiis
profil hobiis
online store  
 

 

   

 

 
SET UP AKUARIUM KORAL
oleh Jong Huat, Februari 2004

( Bagian Pertama )

Banyak versi untuk men-setup suatu akuarium laut, disini kami mencoba menguraikan satu konsep setup akuarium koral ( reef aquarium ), konsep ini mengabungkan beberapa komponen utama dari berbagai referensi dan pengalaman kami sendiri. Tentu saja konsep ini bisa dimodifikasi sesuai dengan kondisi dan keadaan individu kita masing-masing.

Misalnya, menggabungkan RACEWAY sump dengan SUMP BOX yang umum kita kenal. Atau dengan metode raceway sump dengan mangrove filtrasi sistem tanpa mempergunakan sump box dan protein skimmer.

Berikut ini kami akan menjelaskan mengenai akuarium utama dengan undergravel filter.

AKUARIUM UTAMA DENGAN UNDERGRAVEL FILTER

Undergravel filter dibangun dari sekat kaca berbentuk T dengan jarak skat yang satu ke yang sebelahnya berjarak sekitar 10 cm hingga 12 cm, dengan celah yang dibentuk antara skat satu dan skat sebelahnya minimal 2 cm ( lihat gambar ) Celah ini untuk jalur air dari atas ke bawah. Dibagian bawah, skat-skat T ini diberi lubang untuk satu jalur PIPA PARALON yang berfungsi sebagai jalur air keluar kembali ke akua utama. Diujung atas pipa paralon ini diberi lubang yang bisa dimasuki selang dari aerator. Kita bisa menggantikan ujung pipa paralon ini dengan satu powerhead yang berkekuatan kecil untuk menyedot air dari bawah dan mengembalikan kembali ke akua utama diatasnya. Yang penting disini, jalur air keluar tidak boleh terlalu cepat. Untuk akua utama berukuran lebih 2 meter ( panjang ) boleh menggunakan powerhead, sebaiknya ukuran panjang akua utama yang kurang dari 2 meter, tetap memakai aerator untuk mendorong air dari bawah undergravel filter keluar melalui pipa paralon yang kita pasang. Pemasangan undergravel filter ini dapat dilihat lebih jelas pada photo berikut.

Pembuatan konstruksi undergravel filter seperti tampak pada photo, juga dapat memperkokoh dasar akuarium kita. Photo diatas, panjang akuarium 260 cm, Lebar 70 cm, dan tinggi ( kotor ) 88 cm. Dengan tebal kaca hanya 12 mm. Akuarium ini memakai 19 skat bentuk T ini sehingga total menghasilkan 20 selokan dibawah.

 

  

 

Kecuali disebutkan dengan jelas, seluruh tulisan, gambar, ilustrasi dan foto pada situs web ini dibuat oleh Wahyu Purwakusuma. Tidak diperkenankan mereproduksi seluruh maupun sebagian isi situs ini dalam bentuk maupun media apapun tanpa ijin tertulis dari O-Fish.com