MEDIA INFORMASI IKAN HIAS DAN TANAMAN AIR
Pastikan Aquarium Anda Indah dan Sehat
 
koleksi hobiis
profil hobiis
online store  
 

 

   

 

 
UKURAN SEBUAH AKUARIUM LAUT JANGAN DIREMEHKAN
oleh Jong Huat
(1 Januari 2003. Salam Happy New Year 2003 untuk semua)
 

Jangan mengganggap remeh ukuran akuarium yang diperuntukkan untuk akuarium laut. Akuarium adalah perangkat utama bagi hobbies akuarium laut ( marine aquaria ). Karena itu, mesti mendapat perhatian pertama, sebelum anda lebih jauh ke perangkat-perangkat lainnya.

Menurut pakar akuarium laut di dunia, kapasitas akuarium laut yang ideal minimal adalah 55 gallon ( 55 gallon x 4 liter = 220 liter ). Dengan rincian ukurannya, panjang 70 cm, lebar 50 cm, dan dalam ( tinggi air ) 60 cm. Tinggi akuarium anda cukup 70 cm, sehingga ada ruang antara permukaan air dengan batas atas akuarium anda sekitar 10 cm. Bila kita menambah panjangnya menjadi 80 cm ( dengan mengurangi lebar atau tinggi agar sesuai kapasitas yang direkomendasikan ), sedikit pengaruh mulai dirasakan, bila panjang akuarium ini mencapai 90 - 100 cm, pengaruhnya sudah cukup besar. 

Variasi ukuran akuarium yang mempunyai kapasitas 55 gallon, cukup banyak, misalnya panjang 90 cm, lebar 60 cm dan tinggi ( air saja ) 40 cm.  Ukuran yang lain dengan kapasitas sama, panjang 90 cm, lebar 40 cm, dan tinggi 60 cm. Dengan panjang 100 cm, lebar 45 cm dan tinggi air 50 cm juga menghasilkan kapasitas sekitar 220 liter ( 55 gallon ). 

Menurut pendapat pakar akuarium laut dunia, ukuran yang ideal untuk kapasitas 55 gallon adalah panjang 70 cm, lebar 50 cm dan tinggi air 60 cm. Mengapa demikian ???

Pertama, Dilihat dari sudut penerangan/pencahayaan ( Lighting Requirement ). Akuarium laut, terlebih-lebih bagi yang orientasi ke koral ( corals reef ) membutuhkan pencahayaan yang sempurna. Persyaratan penerangan/pencahayaan ini bukan saja pada kwalitas/intensitas cahaya saja, juga mengenai penyebaran cahaya ke segala sudut akuarium kita.

Bila panjang akuarium anda 70 cm, pencahayaan terhadap akuarium anda diharapkan baik/sempurna dengan sistem penerangan bola TL standart ( Standart Fluorescent Tubes ), anda tentu mempergunakan bola 20 watt yang panjang bola ( tube ) nya 24” atau 60 cm. Artinya, ukuran panjang akuarium 70 cm, dapat diterangi secara menyeluruh ke seluruh sudut akuarium dengan satu bola ( tube ) TL ( Fluorescent ) 20 watt. Bila anda memperpanjang ukuran akuarium anda mencapai 90 cm dan bahkan 100 cm, tentu saja dengan tube TL 20 watt tersebut, bagian sebelah kiri dan sebelah kanan akuarium anda kurang mendapat penyinaran. Sehingga koral, alga yang diharapkan tumbuh di daerah tersebut akan terhambat. Uraian ini tidak berarti, akuarium anda dengan ukuran panjang 70 cm, lebar 50 cm dan tinggi air 60 cm cukup dengan satu tube TL 20 watt. Masalah persyaratan penyinaran akuarium laut akan kita sampaikan pada artikel lainnya.

Kedua, Dilihat dari Cost yang akan anda belanjakan. Pengertiannya disini, tidak semata-mata pada ukuran kaca. Sebagian hobbies, menghemat biaya pembuatan akuarium melalui ukuran standar kaca, artinya pembuatan akuarium diusahakan tidak memboros banyak kaca yang terbuang karena ukuran akuarium yang tidak sesuai. Tentu saja hal ini mempengaruhi biaya akuarium anda. Tidak salah, hal ini dapat kita pahami. Tetapi, penghematan demikian hanya pada awalnya saja, tidak seberapa.

Ukuran akuarium sangat mempengaruhi perangkat-perangkat keras yang akan kita gunakan. Semakin besar kapasitas akuarium kita, semakin banyak perangkat pendukung yang kita perlukan. Untuk akuarium kapasitas 55 gallon dengan panjang 70 cm dan lebar 50 cm seperti yang kami jelaskan sebelumnya, kita cukup mempergunakan 2 tube TL, satu actinic violet dan satu actinic putih. Jadi cukup dua bola TL @ 20 watt, jadi konsumsi listrik kita hanya 40 watt saja. ( untuk pencahayaan ). Kita juga tidak perlu mempergunakan peralatan filter yang terlalu besar dan mahal. Cukup memasang filter dasar ( undergravel filter ) dan Filter Biru ( Mekanikal & Chemikal Filter ) saja sudah cukup. Lalu boleh di tambah satu aerator saja. Biayanya kan murah. 

Tetapi bila akuarium anda, ukuran panjang mencapai 150 cm, lebar 60 cm dan kedalaman air 60 cm, anda jangan kaget, kita memerlukan 6 tube TL ( fluorescent ) @ 40 watt. Dengan 4 tube actinic violet dan 2 tube actinic putih. Jadi kita memerlukan konsumsi listrik 6 x 40 watt = 240 watt. Hanya untuk penerangan saja. Sistem penerangan yang saya jelaskan ini, masih persyaratan sederhana/minimal. Kondisi penerangan ini belum tentu optimal untuk kehidupan akuarium laut anda. Selain itu, akuarium yang besar juga memerlukan perangkat filter yang lebih baik dan kapasitasnya juga harus besar, demikian juga perangkat-perangkat pendukung lainnya seperti calcium reactor, chiller, dan lain-lain.

Memang tidak salah, pendapat orang-orang tentang akuarium laut. Menekuni hobby ini, anda harus bisa sebagai pakar kimia, biologi, zoology, ecologi, fisika, dan elektronika. 

 
Kesimpulan

Ukuran akuarium untuk akuarium laut tidak boleh diremehkan, kita tidak boleh asal memilih ukuran akuarium, misalnya panjang 100 cm, atau 150 cm. Ukuran akuarium laut harus memperhatikan perangkat - perangkat keras yang akan kita gunakan. Pertimbangkan factor keuangan anda dan teknikal untuk menentukan ukuran akuarium anda. Hobbies akuarium laut termasuk hobby yang sangat mahal. Marine fish orientasi atau Corals Reef Orientasi, juga mempengaruhi ukuran akuarium anda.

 

-----oOo-----

Penulis adalah hobbies marine & corals reef aquarium di Medan, Sumatera Utara, sejak 1987. Konsultasi dan diskusi sekitar akuarium laut, boleh ke e-mail : archipelagosg@yahoo.com

  

 

Kecuali disebutkan dengan jelas, seluruh tulisan, gambar, ilustrasi dan foto pada situs web ini dibuat oleh Wahyu Purwakusuma. Tidak diperkenankan mereproduksi seluruh maupun sebagian isi situs ini dalam bentuk maupun media apapun tanpa ijin tertulis dari O-Fish.com