MEDIA INFORMASI IKAN HIAS DAN TANAMAN AIR
Pastikan Aquarium Anda Indah dan Sehat
 
koleksi hobiis
profil hobiis
online store  
 

 

   

 

::O-Fish: Algae, Permasalahan dan Penanggulangannya
 
AQUASCAPING.

Aquascaping atau akuarium tanaman, merupakan suatu "seni" menata akuarium dengan dekorasi tanaman air hidup.. Selain sentuhan seni, pengetahuan mengenai keseimbangan ekosistem, kimia air, sifat-sifat tanaman, dan proses fotosintesis sangat diperlukan dalam mencapai keberhasilan yang diinginkan.

Dua pendekatan dapat dilakukan dalam melakukan aquascaping yaitu (1) pendekatan yang bersandarkan sepenuhnya pada peralatan dan (2) pendekatan yang lebih berdasarkan pada pendekatan alamiah. Mana yang lebih sesuai bagi keperluan kita, sepenuhnya akan tergantung pada tingkat pengetahuan dasar keseimbangan ekosistem.

 
Gambar 1. Aquascaping
 

Aquascaping, sebagai suatu seni tata akuarium, tidak hanya terbatas pada tanaman air tawar, tetapi juga meliputi tanaman dan invertebrata air laut (Gambar 2.).  Meskipun demikian sudah menjadi hal umum, bahwa aquascaping lebih cenderung ke tata akuarium tanaman air tawar., sedangkan tata akuarium air laut lebih dikenal sebagai "Marinescaping" atau "Reef Aquarium".

 
Gambar 2. Marinescaping (Reef Aquarium)
 
Untuk memudahkan pembahasan, pada situs ini akan dipisahkan secara tersendiri antara aquascaping air tawar dan aquascping air laut. Istilah "Aquascaping" dalam seluruh situs ini akan digunakan secara khusus untuk aquascaping air tawar, sedangkan aquascaping air laut akan menggunakan istilah "Reef Aquarium" atau "Akuarium Reef". Reef Aquarium akan beraga pada sub bahasan Akuarium Laut.
 

 
 
ARTIKEL
Setup Akuarium Tanaman
Perbanyakan Tanaman
Alga dan Tips Penanggulangannya
Membuat Gas CO
Sumber Hara Tanaman
Teknik Pemupukan
Cahaya dan Fotosintesa
Media Tumbuh

  

 

Kecuali disebutkan dengan jelas, seluruh tulisan, gambar, ilustrasi dan foto pada situs web ini dibuat oleh Wahyu Purwakusuma. Tidak diperkenankan mereproduksi seluruh maupun sebagian isi situs ini dalam bentuk maupun media apapun tanpa ijin tertulis dari O-Fish.com