MEDIA INFORMASI IKAN HIAS DAN TANAMAN AIR
Pastikan Aquarium Anda Indah dan Sehat
 
koleksi hobiis
profil hobiis
online store  
 

 

   

 

 
AMAZON SWORD
“Tanaman Pedang Amazon”, begitu kira-kira terjemahan langsung kata-kata diatas. Yang dimaksud dengan Amazon Sword Plant adalah tanaman dari genus Echinodorus. Tanaman ini sangat umum ditemui di daerah Amerika Selatan, terutama diperairan Amazon, sehingga dari sanalah namanya diambil.

“Amazon Sword” merupakan tanaman kompak, dengan daun-daun lebar dan tajam, sehingga para aquarist menyebutnya sebagai tanaman pedang. Jenis tanaman Echinodorus adalah tanaman air yang memiliki kemampuan adaptasi tinggi, dan mudah dipelihara, sehingga bisa disebut sebagai beginner’s plant, atau tanaman untuk pemula. Walaupun demikian, tanaman ini tetap membutuhkan perawatan yang baik terutama untuk memenuhi kebutahan hara dan cahayanya yang spesifik.

 
Echinodorus nactii
Echinodorus rubin
 

Amazon Sword membutuhkan dosis pupuk dalam jumlah besar, terutama besi ( Fe ). Selama semua kebutuhan tersebut terpenuhi, tanaman ini akan tumbuh subur, bahkan terkadang sangat subur sehingga seringkali tumbuh terlalu besar dalam aquarium, sehingga seringkali pada akhirnya harus dicabut.

Amazon Sword sering disebut sebagai tanaman anti-algae. Julukan ini diberikan karena tanaman ini mampu “memakan” unsur-unsur hara dalam jumlah besar, sehingga akan dapat bersaing dengan algae, terutama diawal-awal masa sebuah aquarium baru selesai disetup. Pada kondisi awal sebuah akuarium selesai disetup, seringkali tanaman belum akan tumbuh secara sempurna, fotosistesis belum terjadi dengan baik, sedangkan cahaya dan unsur-unsur hara masih berada dalam jumlah berlimpah. Kondisi demikian tentu saja akan dapat memacu pertumbuhan lumut. Akan tetapi seandainya tanaman dari genus Echinodorus ada maka dia akan dapat menjadi penyelamat, sebab dengan tingkat pertumbuhannya yang cepat, dan sifatnya yang rakus akan unsur-unsur hara, tanaman ini akan bisa menghambat pertumbuhan algae ( lumut ) yang tidak diinginkan.

Dalam aquascaping, seringkali beberapa jenis tanaman Echinodorus ini menjadi tanaman utama, yang ditanam sebagai pusat pajangan dalam akuarium tanaman. Hal ini sering dilakukan karena beberapa spesies, khususnya yang merupakan jenis-jenis hibrid merupakan tanaman yang sangat cantik. Genus Echinodorus adalah salah satu genus tanaman yang paling banyak memiliki hibrid.

Spesies-spesies dari Echinodorus,sering menjadi tanaman ‘ bread and butter ’, yaitu hampir seluruh setup akuarium tanaman menggunakan tanaman dari genus ini. Setup seperti ini biasanya dilakukan terutama bila hendak menampilkan ikan-ikan dari perairan amerika selatan, seperti discus, angelfish, serta jenis-jenis tetra, karena mereka berasal dari perairan yang sama dengan jenis-jenis tanaman ini.

Satu hal yang perlu diingat bahwa berbagai spesies tanaman ini memliki variasi ukuran yang berbeda-beda walaupun berasal dari genus yang sama. Salah satu satu spesies bisa tumbuh sangat besar sehingga hanya cocok ditanam di aquarium yang sangat besar sebagai “centerpiece” dari suatu aquascaping, sementara beberapa jenis lainnya tumbuh ‘kerdil’ sehingga hanya cocok digunakan sebagai tanaman depan ( Carpetplant ). Echinodorus tennelus adalah jenis yang terkecil, tanaman ini akan nampak sebagai rumput, dengan warna kemerahan yang cantik bila cahaya yang diberikan berlebih, dan hijau tua bila kurang cahaya.

Berikut ini disajikan jenis-jenis Echinodorus serta penempatannya yang tepat dalam aquarium bila hendak menanam tanaman ini.

Foreground swords ( tanaman karpet, latar depan )
E. tenellus- Pygmy Chain Sword (Fine -leaf)
E. tenellus v latifolius- Dwarf Chain Sword (narrow leaf)
E. quadrocostus-Broad leaf Chain sword
E. bolivianus- narrow leaf medium chain
E. parviflorus v tropica (Rosette Sword)

Penempatan tengah sampai belakang
E. scaber
E.schlueteri
E.apart
E.ozelot
E.oriental …bisa tumbuh cukup besar
E.muricatus v "green"
E.barthi- Red Melon
E.uraguayensis med-large swords
E.bleheri-Amazon sword-broad leaf
E.amazonicus- Amazon sword narrow leaf
E.parviflorus (sebelumnya dikenal sebagai peruensis) Black Amazon
E.rose
E.red rubin
E. ruby
E. indian red
E.horemanii-red….bisa tumbuh cukup besar
E.horemanii-green
E.argentinensis
E. compacta
E. cordifolius, (marble queen)

Jenis-jenis yang bisa disbeut sebagai ‘raksasa’
E.grandifolius
E.muricatus
E.major (sebelumnya disebut martii)-Ruffled leaf sword

 
Perbanyakan Tanaman
Tanaman ini memperbanyak diri dengan membentuk bunga yang akan tumbuh sebagai tanaman-tanaman kecil. Pada tanaman berhenus kecil bukang hanya akan tumbuh merambat disekeliling tanaman, sementara jenis yang besar akan menumbuhkan bunga keatas air. Dalam akuarium seringkali bunga yang manyembul keatas air ini akan menghalangi cahaya sehingga menggangu pertumbuhan tanaman yang berada dibawahnya.

 
 
ARTIKEL
Setup Akuarium Tanaman
Perbanyakan Tanaman
Alga dan Tips Penanggulangannya
Membuat Gas CO
Sumber Hara Tanaman
Teknik Pemupukan
Cahaya dan Fotosintesa
Media Tumbuh

  

 

Kecuali disebutkan dengan jelas, seluruh tulisan, gambar, ilustrasi dan foto pada situs web ini dibuat oleh Wahyu Purwakusuma. Tidak diperkenankan mereproduksi seluruh maupun sebagian isi situs ini dalam bentuk maupun media apapun tanpa ijin tertulis dari O-Fish.com