MEDIA INFORMASI IKAN HIAS DAN TANAMAN AIR
Pastikan Aquarium Anda Indah dan Sehat
 
koleksi hobiis
profil hobiis
online store  
 

 

   

 

Tentang O-Fish
 
TENTANG O-FISH

Awalnya, O-Fish dipersiapkan untuk menyajikan data base ikan hias dan tanaman air aseli atau berasal dari Indonesia. Pada saat itu, O-Fish telah disiapkan dengan kepanjangan "Ornamenal-Fish Information System Homepage". Harapannya adalah sebagai wahana untuk memperkenalkan kekayaan alam Indonesia, khususnya biota akuatik kepada dunia International dan sebagai Sistem Informasi bagi mereka yang memerlukan informasi komprehensif tentang mereka. Selain itu, juga diharapkan sebagai sarana untuk memperkenalkan mereka kepada masyarakat kita sendiri, agar masyarakat kenal dan manyadari kehadirannya. Dengan mengenal hewan dan tanaman air lokal ini diharapkan akan timbul persaan sayang kepada mereka dan dapat memicu tumbuhnya rasa untuk melindungi mereka dari kepunahan atau "dicuri" oleh orang/bangsa lain, seperti yang secara tidak disadari berlangsung saat ini. Dengan demikian, kekhawatiran bahwa anak cucu kita tidak akan bisa lagi melihat mahluk tersebut di kemudian hari, atau bisa melihatnya tetapi dengan pergi ke luar negeri, bisa dihindari.

Sayang sekali kesibukan yang belum bisa diajak kompromi, padahal diperlukan konsentrasi lumayan tinggi untuk melaksakan hal tersebut, menyebabkan harapan tersebut diatas sementara ditunda dan dialihkan ke hal yang relatif lebih ringan. Maka alih-alih sebagai suatu Sistem Informasi, O-fish kemudian dibuat sebagai suatu Layanan Informasi. Kepanjangannyapun kemudian disesuaikan menjadi "Ornamental-Fish Information Service Highlights". Harapan utamanya adalah dapat memberikan layanan informasi mengenai topik-topik yang tergolong mendesak (terpenting) mengenai kehidupan bawah air bagi mereka yang memerlukan.

O-Fish pada dasarnya dikembangkan berdasarkan keprihatinan pada para pencinta ikan hias/tanamah air, dan mahluk air lainnya, khususnya di Indonesia, yang tidak sedikit, pada kenyataannya, kekurangan informasi mengenai ikan hias dan tanaman air yang dipeliharanya serta manajemen pemeliharaannya. Hal ini, disinyalir adalah akibat langkanya pustaka tentang ikan hias berbahasa Indonesia dan mahalnya referensi berbahasa asing. Oleh karena itu, meskipun hanya berbekal pengetahuan mengenai dunia bawah air yang dipejalari secara otodidak selama bertahun-tahun dan pengalaman memelihara mereka sedari kecil, O-Fish "nekad" dibangun, dengan harapan ada yang bisa dimanfaatkan didalamnya.

Selain sebagai layanan informasi, O-Fish pun diharapkan dapat menjadi "rumah bersama" bagi para pencinta ikan hias, tanaman air dan mahluk air lainnya, terutama, untuk saling berbagi pengetahuan, berbagi pengalaman, saling menolong dan bersilaturahmi.

Dalam perjalanannya O-Fish dikembangkan secara "single fighter", dikembangkan disela-sela waktu luang yang ada di akhir pekan, atau dihari libur lainnya. Oleh karena itu, laju perkembangnya tampak terasa lambat. Meskipun demikian, sangat menggembirakan karena ada juga rekan hobiis yang berkenan menyumbangkan tulisannya atau membagi pengalamannya seputar ikan hias ini dalam bentuk artikel..

O-Fish, meskipun berakhiran dot com, bukan merupakan situs komersial dalam arti sebenarnya. Pendanaannya lebih banyak mengandalkan pada kocek sendiri. Alhamdulillah dalam perjalanannya, beberapa rekan hobiis ada yang berkenan memberikan donasi baik dalam bentuk pemasangan banner maupun donasi secara langsung. Hal demikian memicu O-Fish untuk semakin meningkatkan kualitas layanannya dan berharap tetap eksis untuk melaksanakan misinya.

Berbagai keterbatasan dan kekurangan tentu saja masih banyak dijumpai hingga sejauh ini. Meskipun demikian, perbaikan dan penyempurnaan akan terus diusahakan. Oleh karena itu, masukan, kritik dan saran sangat diperlukan.

O-Fish selalu berharap bahwa kehadirannya dapat memberikan sumbangan kecil bagi pemberdayaan dan pembelajaran bangsa ini, khususnya dalam masalah kehidupan bawah air. Dengan dukungan para pencinta ikan hias, tanaman air, dan mahluk air lainnya, harapan demikian mudah-mudahan bisa dicapai. Semoga

Keterangan ringkas tentang O-Fish ini semoga dapat memberikan gambaran umum mengenai garis besar O-Fish, serta visi dan misi yang tersirat didalamnya.

Salam
Wahyu Purwakusuma

  

 

Kecuali disebutkan dengan jelas, seluruh tulisan, gambar, ilustrasi dan foto pada situs web ini dibuat oleh Wahyu Purwakusuma. Tidak diperkenankan mereproduksi seluruh maupun sebagian isi situs ini dalam bentuk maupun media apapun tanpa ijin tertulis dari O-Fish.com