MEDIA INFORMASI IKAN HIAS DAN TANAMAN AIR
Pastikan Aquarium Anda Indah dan Sehat
 
koleksi hobiis
profil hobiis
online store  
 

 

   

 

 
CICHLID
Herichtys cynogutttaum atau lebih dikenal sebagai Cichlid Texas merupakan ikan cichlid nasioanal Amerika Serikat (National Cichlid of USA). Sesuai dengan namanya ikan ini diketahui merupakan satu-satunya ikan cichlid asli Amerika Serikat. Meskipun demikian mereka juga kerap di jumpai di Sungai Grande-Sungai Conchos yang mengalir dari Texas dan dari Timur Laut Meksiko
 
Gambar 1. Herichtys cynogutttaum
 
Ikan jenis ini sering dikecohkan dengan jenis Herichtys carpinte (Jordan & Snyder 1899) yang umum dijual di toko-toko akuarium di Malaysia. H carpinte dapat dibedakan dengan panampilan bintik mutiara yang lebih menyeluruh sedangkan H cynoguttatum mempunyai bintik-bintik berwarna iridisen biru/hijau yang berukuran lebih halus. Selain itu H carpinte mempunyai moncong yang lebih monyong dibandingkan H cynoguttatum.
 
Penyebutan Texas di Malaysia bertambah membingungkan setelah munculnya jenis Flowerhorn (Louhan) baru yang disebut sebagai "Red Texas" yang merupakan jenis hibrid yang tidak diketahui asal usulnya dengan pasti. 

Sebagai seorang kolektor cichlid, perkenalan langsung pertama kali dengan H. cynoguttatum terjadi pada tahun 2002, ketika saya berhasil mengimpor sepasang dari AS. 

Pada awalnya mereka digabung dengan H carpinte dan jenis Herichtys var Turquoise pada sebuah akuarium 50 galon (36" x 18" x 18 "). Setelahmenyadari bahwa mereka bersifat teritorial (seperti cichlid pada umumnya) saya memisahkan mereka ke akuarium 90 gallon (48" x 48" x 18"). Pada saat digabung sering terjadi luka gigitan pada sirip ikan cichlid lain.

 
Setup dan Kondisi Air

H. cynoguttatum termasuk mudah untuk diadaptasikan dengan kondisi air setempat dengan pH antara 7.8 - 8.2 dan temperatur 28° - 30° C. Secara umum ikan ini termasuk ikan bandel yang toleran terhadap berbagai kondisi air dan juga temperatur. Mereka dilaporkan bahkan toleran pada suhu hingga di bawah 14°C.

Ikan ini sangat tidak sesuai untuk akuarium tanaman. Dalam set up akuariumnya akan sangat ideal apabila dilengkapi dengan dengan batu berukuran besar atau dirftwood dikombinasikan dengan substrat berupa kerikil atau taburan pasir sungai. Seperti halnya kelompok chiclid besar, mereka kerap menggali lubang pada substrat dan termasuk sering mengubah konfigurasi seluruh akuarium. Tanaman terapung direkomendasikan untuk diberikan karena mereka suka mencari sesuatu diantara tanaman ini.

 
Pakan
H. cynoguttatum merupakan ikan omnivora oleh karena itu dianjurkan untuk memberi pakan berupa kombinasi pakan berbahan dasar sayuran dan daging-dagingan. Mereka tidak termasuk pemilih dan mau menerima berbagai jenis pakan dari pakan hidup, bloodworm beku, pellet dan juga flake. Sayuran segar tidak bisa begitu saja mereka terima, oleh karena itu untuk memenuhi diet sayuran bisa diberikan pellet yang mengandung bahan dasar vegetasi, seperti spirulina.
 
Breeding
Seperti pada umumnya cichlid; H cynoguttatum perlu dilakukan penjodohan sebelum dilakukan pemijahan. Secara kebetulan saya dapat berhasil melakukannya meskipun saya hanya memiliki sepasang saja. Ikan ini adalah substrate spawner, artinya mereka meletakkan telurnya pada substrat. Mereka kerap meletakkan telurnya pada permukaan rata, atau batu atau menguburnya. H. cynoguttaum akan melindungi anak-anaknya hingga mandiri, dan bersifat sangat agresif selama masa kawin. Perubahan warna pada jenis ikan ini biasa terjadi yang diawali dari warna kelabu hingga putih terang dan hitam pekat. Perubahan warna sacara nyata sering terjadi pada jenis betina.
 
Pembesaran Burayak.
Pembesaran burayak bukan merupakan hal yang sulit dilakukan. Saya melakukannya secara alamiah. Sebelum burayak mampu berenang bebas mereka akan dijaga oleh induknya. Mereka sering dijumpai menjaga burayaknya secara begantian.

Burayak yang telah berenang bebas dapat diberi pakan daphnia hingga mereka tumbuh dan mampu memakan pakan yang tersedia dipasaran

 
Kesimpulan
Memelihara ikan jenis ini merupakan hal yang menyenangkan, mereka adalah kelompok ikan yang memang bisa dipelihara dalam kaptifiti dan bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para hobiis yang mengawali hobi ikan hiasnya dari Louhan (flowerhorn). Meskipun mereka tidak memiliki warna yang sangat indah atau dapat membentuk jenong yang luar biasa, mereka mempunyai daya tarik dalam hal responnya pada si pemilik dan perilakunya pada saat kawin.
 
Contributed by : Joseph Lim (tdiot@po.jaring.my) 
The writer of this article wishes to meet all cichlids enthusiasts (Malawi, Tanganyika or South and Central American) and can be contacted at the e-mail above.

 
 
 
JENIS CICHLID
Cichlid Texas
Leuleupi
Oscar

  

 

Kecuali disebutkan dengan jelas, seluruh tulisan, gambar, ilustrasi dan foto pada situs web ini dibuat oleh Wahyu Purwakusuma. Tidak diperkenankan mereproduksi seluruh maupun sebagian isi situs ini dalam bentuk maupun media apapun tanpa ijin tertulis dari O-Fish.com