MEDIA INFORMASI IKAN HIAS DAN TANAMAN AIR
Pastikan Aquarium Anda Indah dan Sehat
 
koleksi hobiis
profil hobiis
online store  
 

 

   

 

 
FILTER DE-IONIZER

Filter de-ionzer adalah salah satu bentuk filter kimia.  Fungsi utama filter ini adalah untuk menghilangkan ion-ion tertentu dari air.  Untuk keperluan akuarium biasanya digunakan untuk menghilangkan kesadahan.  Air hasil olahannya kemudian digunakan sebagai bahan baku untuk meramu air akuarium dengan tingkat kesadahan dan tingkat pH yang diinginkan.   

Deionizer berfungsi dengan prinsip pertukaran ion.  Yaitu; ion-ion tertentu dari dalam air, seperti NH4+ atau Ca++,  ditukar dengan ion pengganti dari struktur  media yang digunakan, biasanya Na+, atau H+. 

Dalam proses penurunan kesadahan air, misalnya, air dengan kesadahan tinggi dialirkan melewati media.  Apabila media yang digunakan mempunyai ion penukar Na+. Maka selama proses berlangsung sebuah ion Ca++ dari air akan digantikan oleh 2 buah Na+ dari media.  Dengan demikian, meskipun nantinya kesadahan air berkurang, karena Ca++ telah "ditangkap" media, kadar Na dalam air akan meningkat. Akan tetapi peningkatan Na ini tidak akan sampai mencapai tingkat yang membahayakan.  Apabila media yang digunakan mempunyai ion penukar berupa H+, maka ion H+ dalam air akan meningkat, atau dengan kata lain pH air  akan menurun.  Pilihan media yang digunakan sepenuhnya adalah keputusan anda.  

Berbagai media penukar ion banyak tersedia saat ini.  Berbagai pilihan tersedia untuk berbagai jenis ion berbeda. Meskipun demikian secara umum mereka disebut sebagai media penukar kation, apabila yang dipertukarkan adalah kation, atau media penukar anion, apabila yang dipertukarkan adalah anion.

Media yang digunakan sendiri bisa berupa media alami atau buatan (sintetis).  Media buatan biasanya adalah resin, yang dibuat berbentuk butiran,  dan  telah diperlakukan secara kimiawi sedemikian rupa.   Beberapa media buatan ini sering tidak cocok digunakan dalam akuarium, oleh karena itu konsultasikanlah dengan pedagangnya sebelum anda memutuskan untuk membelinya.

Untuk media alami biasanya digunakan zeolite dari tipe clinoptilolite.  Clinoptilolite diketahui dapat menghilangkan ion-ion bermuatan positif dari dalam air, seperti NH4+ atau Ca++.    Pada umumnya bahan ini digunakan untuk menghilangkan kelebihan amonia dari dalam air akuarium tawar.  Clino biasanya tersedia dalam berbagai merek dan berbagai ukuran.

Satu hal yang perlu diingat dalam menggunakan media ini adalah mereka akan jenuh setelah periode waktu tertentu.  Pada media-media buatan tingkat kejenuhan tersebut biasanya ditandai dengan terjadinya perubahan warna.  Dengan demikian, apabila warna tersebut telah tecapai, artinya media tersebut harus segera diganti atau diregenerasi. Setiap pabarik mempunyai indikator warna berbeda untuk setiap produknya.

 
Penggunaan

Bagi anda yang ingin memanfaatkan cara ini, banyak tersedia alat jadi siap pakai yang dijual dipasaran.  Berbagai model dan kapasitas bisa dipiliah sesuai dengan kebutuhan. Sedangkan bagi mereka yang ingin membuatnya sendiri bisa dilakukan dengan beberapa tahapan berikut:

"Filter" deionizer hendaknya dibuat berbentuk tabung kedap udara.  Sehingga aliran air akan menciptakan tekanan tertentu untuk menjamin distribusi aliran air merata pada setiap media yang dilalui.  Anda bisa menggunakan fiter canister sebagai wadahnya.  Sebelum melalui media, air dialirkan terlebih dahulu melalui arang angktif.  Pilih media yang sesuai peruntukannya.  Bagi yang ingin mendapatkan kadar kesadahan rendah, siapakan media penukar Ca++ yang sesuai.  Pilih media penukar ion, yang ion penukarnya aman bagi akuarium. Anda bisa menggunakan media dengan ion  penukar H+ atau Na+.  

Bagi yang menggunakan cara ini untuk menurunkan kesadahan, lakukan perlakuan ini terpisah dari sistem akuarium anda, dengan kata lain de-ionizer ini bukan merupakan filter langsung yang terpasang dalam akuairum. Tetapi merupakan peralatan yang digunakan untuk menyediakan bahan baku air akuarium. Sebelum digunakan, air hasil deioniasi perlu dicampur dengan air normal dengan proporsi tertentu hingga dicapai nilai kesadahan dan pH seperti yang diinginkan.

  

 
SERBA SERBI FILTER
Bak Over Flow
Konsep dasar bak overflow adalah hukum bejana berhubungan....
Fishless Cycling
Proses pematangan filter tanpa kehadiran ikan...
Filter Sentral
Filter sentral adalah filter yang digunakan secara bersama oleh dua atau lebih akuarium ....
Akuarium dengan Filter Atas
Sketsa akuarium dengan filter atas.................

 

 

Kecuali disebutkan dengan jelas, seluruh tulisan, gambar, ilustrasi dan foto pada situs web ini dibuat oleh Wahyu Purwakusuma. Tidak diperkenankan mereproduksi seluruh maupun sebagian isi situs ini dalam bentuk maupun media apapun tanpa ijin tertulis dari O-Fish.com