MEDIA INFORMASI IKAN HIAS DAN TANAMAN AIR
Pastikan Aquarium Anda Indah dan Sehat
 
koleksi hobiis
profil hobiis
online store  
 

 

   

 

 
FILTER SENTRAL/FILTER TERPUSAT (lanjutan)

Cara kedua adalah dengan melalui lubang yang dibuat pada salah satu sisi akuarium, seperti ditunjukkan pada Gambar 3.  Seperti halnya dengan cara pertama, tinggi permukaan air pada setiap akuarium diatur dengan mengatur panjang pipa drainase, yang dalam cara kedua ini, dipasang pada suatu belokan (knee).

Gambar 4.
Sistem Drainase Melalui Sisi Samping
Apabila anda tidak menghendaki untuk melubangi akuarium, maka drainase dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan sebuah bak overflow. Gambar 5 menunjukkan contoh penggunaan bak overflow untuk drainase tanpa membuat lubang pada akuarium.  Tinggi permukaan air dalam akuarium diatur dengan mengatur tinggi permukaan bak overflow yang berada dalam akuarium. Untuk keterangan lebih lengkap mengenai konsep bak overflow ini silahkan lihat bahasan mengenai bak overflow.
 
Gambar 5.
Sistem Drainase Akuarium dengan Menggunakan Bak Overflow

 

Pilihan Filter

Pemilihan jenis filter untuk filter terpusat direkomendasikan dari jenis yang  mampu sekaligus melayani filtrasi mekanik dan biologis, dan sewaktu-waktu dapat di lengkapi dengan filtrasi kimia.   (Lihat Topik Mengenai Filter).  Sedangkan ukurannya disesuikan dengan aturan baku untuk akuarium pada umumnya. (Selesai)

 
HAL SEBELUMNYA

  

 
SERBA SERBI FILTER
Bak Over Flow
Konsep dasar bak overflow adalah hukum bejana berhubungan....
Fishless Cycling
Proses pematangan filter tanpa kehadiran ikan...
Filter Sentral
Filter sentral adalah filter yang digunakan secara bersama oleh dua atau lebih akuarium ....
Akuarium dengan Filter Atas
Sketsa akuarium dengan filter atas.................

 

 

Kecuali disebutkan dengan jelas, seluruh tulisan, gambar, ilustrasi dan foto pada situs web ini dibuat oleh Wahyu Purwakusuma. Tidak diperkenankan mereproduksi seluruh maupun sebagian isi situs ini dalam bentuk maupun media apapun tanpa ijin tertulis dari O-Fish.com