MEDIA INFORMASI IKAN HIAS DAN TANAMAN AIR
Pastikan Aquarium Anda Indah dan Sehat
 
koleksi hobiis
profil hobiis
online store  
 

 

   

 

 
PENENTUAN JENIS KELAMIN

Beberapa jenis ikan menunjukan dimorfisme seksual (perbedaan jenis kelamin yang dicirkan pada penampilan fisik ikan) dengan jelas, akan tetapi beberapa ikan jenis yang lain tidak menunjukkan gejala dimorfisme seksual atau monomorfisme.  Pada ikan monomorfisme pembedaan jenis kelamin dari tampilan fisik ikan tidak bisa dilakukan, akan tetapi pada jenis sebaliknya,  hal tersebut dengan mudah dapat dilakukan. 

Luohan sebagai hibrid dari bebarapa cichlid mempunyai karakter berbeda seperti indukannya.  Bagi luohan yang memiliki kedekatan genetik dengan C trimaculatum, maka munculnya bintik hitam pada sirip punggung merupakan salah satu penciri bahwa ikan tersebut berkelamin betina.  Pada C. trimaculatum sendiri bintik ini baru akan muncul setelah ikan berukuran 6 cm.

Apabila ciri fisik tidak bisa dilakukan, pembedaan jenis kelamin bisa dilakukan dengan venting, yaitu dengan mengamati organ kelamin ikan yang bersangkutan.  Gambar dibawah ini menunujukkan contoh perbedaan organ kelamin jantan (kiri) dan betina (kanan).  Agar pengamatan mudah dilakukan, sebaiknya ikan sebelumnya diberi pakan banyak.  Pada kondisi kenyang seperti ini organ kelamin tersebut akan terdesak olah pakan yang ada didalam perut sehingga akan lebih mudah diamati.

 
Gambar 1.
Organ Kelamin Jantan (kiri) dan Betina (kanan)
 

Gambar 2 menunjukkan tampilan lain dari penampakan jenis kelamin Luo Han.

Photo: contributed by Yauw Boen
Gambar 2. Venting Louhan

  

 

Kecuali disebutkan dengan jelas, seluruh tulisan, gambar, ilustrasi dan foto pada situs web ini dibuat oleh Wahyu Purwakusuma. Tidak diperkenankan mereproduksi seluruh maupun sebagian isi situs ini dalam bentuk maupun media apapun tanpa ijin tertulis dari O-Fish.com