MEDIA INFORMASI IKAN HIAS DAN TANAMAN AIR
Pastikan Aquarium Anda Indah dan Sehat
 
koleksi hobiis
profil hobiis
online store  
 

 

   

 

::O-Fish: MAskoki (Carrasius auratus)
 
SYARAT HIDUP MASKOKI

Secarara umum dapat dikatakan bahwa maskoki termasuk ikan yang mampu beradaptasi dengan berbagai variasi kualitas air dan juga suhu

 

pH

Nilai pH yang dinggap ideal untuk menumbuhkembangkan maskoki berkisar dari 7.0 hingga 8.0. Mesikpun demikian diketahui bahwa mereka masih dapat mentolerir nilai pH lebih rendah atau lebih tinggi dari kisaran tersebut. Hal yang perlu diperhatikan adalah membiarkan terlebih dahulu maskoki yang akan dipelihara untuk beradaptasi dengan kualitas air yang kita siapkan. Sangat tidak disarankan untuk melakukan pergantian air atau melakukan perubahan kualitas air secara drastis.

Walaupun maskoki diketahui mempunyai toleransi lebar terhadap berbagai nilai pH, akan tetapi, seperti halnya kelompok ikan mas pada umumnya mereka tidak akan bisa bertahan pada pH dibawah 5.0 atau diatas 10.0. Untuk itu dalam melakukan pengelolaan air nilai-nilai ini perlu diperhatikan agar tidak sampai membahayakan ikan bersangkutan.

 

Kesadahan

Kebutuhan tingkat kesadahan air untuk maskoki diperikarakan antara rendah sampai sedang. Tidak ada informasi yang akurat mengenai hal ini. Meskipun demikian, dari berbagai laporan, diketahui bahwa kondisi kesadahan air yang ideal bagi maskoki berkisar antara: 17° hingga 22°.

 

Komposisi Air

Maskoki sangat sensitif terhadap kadar klorin yang biasa digunakan sebagai desinfektan pada air olahan. Oleh karena itu dalam menyiapakan air bagi mereka pastikan bahwa air tersebut bebas dari klorin. Hal ini dapat dilakukan dengan mengendapkan terlebih dahulu air tersebut, atau dengan menambahkan antiklorin.

Maskoki merupakan ikan yang banyak mengeluarkan sekresi dari tubuhnya. Hal demikian dapat memicu terbentuknya amonia dalam air. Amonia yang terbentuk dapa menjadi racun bagi ikan berangsangkutan, terutama bila kadarnya sudah mencapai 2 ppm. Pergantian air atau penggunakan sistem filtrasi yang baik akan sangat membantu agar air akuarium maskoki dapat selalu terjaga kadar amonianya dibawah nilai 2 ppm, atau bahkan 0 ppm.

Logam berat terlarut seperti Zn (seng) atau Cu (tembaga) bersifat racun bagi maskoki dan juga ikan jenis lainnya. Oleh karena itu sangat tidak direkomendasikan untuk memelihara atau meletakkan maskoki dalam bak-bak yang terbuat dari bahan seng atau bahan lainnya yang dapat melepaskan seng atau tembaga kedalam air. Maskoki, meskipun demikian, diketaui toleran terhadap kadar besi dalam air hingga batas tertentu.

Bagi mereka yang akan memelihara maskoki dengan menggunakan air alami, tidak ada salahnya diwaspadai pula kemungkinan hadirnya berbagai bahan pencemar yang mungkin masuk dari lingkungan sekitarnya, seperti phenol; merkuri, minyak, kadmium, dan juga insektisida.

 

Suhu

Suhu ideal bagi maskoki berada pada kisaran 20 - 25° C. Fluktuasi perubahan suhu direkomendasikan tidak lebih dari 5°, terutama dalam proses pergantian air atau proses transportasi. Fluktuasi suhu diata 5° akan sangat membayakan ikan yang bersangkutan. Berbagai varietas maskoki sendiri dikembangkan dibergai tempat dengan variasi suhu yang berbeda yaitu mulai dari 4° C hingga 35° C. Meskipun demikian selalu disarankan agar mereka dipelihara pada suhu tidak kurang dari 10° C.

 

Kapadatan

Kepadatan ikan dalam volume air tertentu akan sangat menentukan tingkat keberhasilan memelihara maskoki, kemudahan dalam mengelola air dan menghindarkan terjadinya stress yang dapat memicu terjadinya berbagai masalah ikutan lainnya. Selalu disarankan agar maskoki dipelihara dengan kepadatan serendah mungkin, atau dipelihara sesedikit mungkin dalam suatu wadah.

Aturan secara umum menyebuikan bahwa kepadatan maskoki dapat dihitung berdasarkan proporsi 1 cm panjang ikan untuk setiap liter air. Pada tempat-temat pemeliharaan yang didukunga dengan peralatan pendukung kehidupan yang baik kepadan maskoki dapat ditingkatkan hingga 0.5 cm panjang ikan per liter air.

 
Gambar 1

Maskoki dalam Mangkuk Keramik

 
Gambar 2.

Maskoki dalam Kolam

 

Tempat Pemeliharaan

Maskoki dapat dipelihara dalam berbagai jenis wadah. Mereka biasa dipelihara dalam mangkuk atau wadah keramik (Gambar 1.), akuarium kaca, bak semen dan juga kolam (Gambar 2.). Selama syarat hidup mereka dipenuhi mereka akan senang hidup ditempat yang disediakan.

 
ARTIKEL
Evolusi
Syarat Hidup
Jenis Kelamin
Varietas
Variasi Bentuk Tubuh
Budidaya
Menghasilkan Varietas Berkualitas

  

 

Kecuali disebutkan dengan jelas, seluruh tulisan, gambar, ilustrasi dan foto pada situs web ini dibuat oleh Wahyu Purwakusuma. Tidak diperkenankan mereproduksi seluruh maupun sebagian isi situs ini dalam bentuk maupun media apapun tanpa ijin tertulis dari O-Fish.com