MEDIA INFORMASI IKAN HIAS DAN TANAMAN AIR
Pastikan Aquarium Anda Indah dan Sehat
 
koleksi hobiis
profil hobiis
online store  
 

 

   

 

 
BEEF HEART

Beef heart atau jantung sapi telah digunakan sebagai pakan ikan sejak tahun 1950-an. Kamudian populer menjadi pakan diskus sejak akhir 1950-an. Pada saat itu, jantung sapi dihidangkan dalam bentuk murni dengan hanya dihaluskan saja kemudian dibekukan. Pilihan kenapa jantung sapi adalah karena kaya protein dan murah atau bahkan gratis. Di negara asal pakan ini di"temukan" benda ini termasuk limbah.

Pemberian jantung sapi secara terus menerus pernah menimbulkan kasus terjadinya kemandulan pada diskus. Namun kemudian kasus ini mendapatkan jawaban. Setelah ditelusuri, ternyata kasus tersebut muncul akibat adanya akumulasi hormon tertentu pada otot-otot dan jaringan jantung sapi yang dikonsumsi. Hormon tersebut diduga berasal dari obat-obatan yang diberikan kepada sapi yang bersangkutan secara intensif untuk mencegah atau mengobati penyakit.

Satu hal yang perlu diingat bahwa jantung sapi, dan bagian tubuh hewan mamalia lainya (hati atau daging) bukan merupakan pakan alami ikan (diskus). Orang tentu tidak akan membayangkan bahwa jantung sapi, hati, atau bagian tubuah lainnya terapung-apung di sungai-sungai di hutan Amazon sehingga menjadi pakan diskus sehar-hari. Pemberian jantung sapi, hati, atau bagian tubuh mamalia lainnya akan memberikan sumbangan beberapa tipe asam lemak yang salah atau tidak sesuai untuk ikan. Dengan pertimbangan tersebut maka berbagai resep beef heart pun banyak dimodifikasi dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan ikan yang mencukupi dan berimbang. Bahan pun tidak lagi berupa jantung sapi, tapi juga bahan lain yang diketahui banyak mengandung protein tinggi, rendah kadar lemak dan tentu saja murah, diantaranya adalah hati sapi, dan daging kanguru. Untuk mengkompensaikan kemungkinan tipe asam lemak yang salah, dicampurkan pula daging dari hewan akuatik lainnya seperti ikan dan atau udang. Berikut adalah salah satu resep yang telah dipakai penulis selama ini. Hasilnya sangat memuaskan. Meskipun demikian tidak ada jaminan bahwa hal yang sama bisa berlaku ditempat lain, karena berbagai keragaman yang ada terutama dalam keragaman kualitas bahan yang digunakan. Resep tersebut bisa dimodifikasi disesuasikan dengan kebutuhan ikan dan ketersediaan bahan baku yang ada, serta mengacu pada prinsip dasar yaitu murah!

Bahan yang diperlukan:

  • 1 kg jantung sapi segar, atau hati segar, atau daging kanguru segar. Bersihakan dari segala lemak, pilih bagian yang tidak berlemak saja.
  • 500 g daging udang atau ikan (kalau tidak ada udang) sebagai sumber omega3 (rebus selama 10-15 menit, apabila tidak yakin kesehatan dari daging ikan/udang tersebut)
  • 1-2 sendok makan wortel halus (sebagai sumber beta carotene), bisa digantikan bahan lain yang juga memiliki kadar beta carotene lumayan seperti tepung paprika
  • 2 sendok makan tepung spirulina (sebagai sumber vitamin dan astaxhantin untuk mencerahkan warna)
  • 2 sendok teh multivitamin (bisa digunakan multi vitamin sirup untuk anak-anak seperti Pentavite Infant Vitamins dari Roche)
 
Gambar 1. Jantung Sapi
Gambar 2. Udang
Gambar3. Wortel, Paprika dan Spirulina
 

Cara Pembuatan:

  • Potong jantung/hati/daging berbentuk dadu (3-4 cm) lalu tiriskan diatas kertas tisue. Lebih kering bahan lebih baik.
  • Giling bahan baku sebentar dalam blender dengan pisau sedang
  • Kemudian tambahkan bahan lainnya.
  • Giling hingga relatif halus (ukuran butiran tidak lebih besar dari 3 mm).
  • Untuk burayak bisa dibuat lebih halus lagi.
  • Tambahkan bahan pengikat (gelatin) secukupnya, aduk hingga merata. (cara penggunaan gelatin mohon diperhatikan pada kemasan produk yang digunakan)
  • Masukkan campuran ini dalam kantung plastik, lalu ratakan hingga ketebalannya kurang lebih 1 cm. Ukuran kantung plastik disesuaikan dengan keperluan, sebut saja untuk sekali pemberian pakan.
  • Bekukan dalam freezer.

(Untuk pengobatan penyakit akibat cacing atau parasit internal lain seperti hexamita bisa ditambahkan 5-7 siung bawang putih, pada campuran diatas)

  

 

Kecuali disebutkan dengan jelas, seluruh tulisan, gambar, ilustrasi dan foto pada situs web ini dibuat oleh Wahyu Purwakusuma. Tidak diperkenankan mereproduksi seluruh maupun sebagian isi situs ini dalam bentuk maupun media apapun tanpa ijin tertulis dari O-Fish.com