MEDIA INFORMASI IKAN HIAS DAN TANAMAN AIR
Pastikan Aquarium Anda Indah dan Sehat
 
koleksi hobiis
profil hobiis
online store  
 

 

   

 

 
Lumbricus rubellus (Hoffmester, 1843) SEBAGAI ALTERNATIF PAKAN IKAN
Lumbricus rubellus sebagai alternatif pakan ikan hias bisa menjadi suatu pilihan yang menyenangkan. Selain kandungan gizinya baik, cacing tanah ini merupakan salah satu cacing yang paling banyak dikomersialkan dan diproduksi secara masal. Berbagai sifat dari cacing ini memang sangat ideal untuk bisa diproduksi secara masal dengan relatif mudah, diantaranya cacing ini termasuk dalam kelompok cacing epigeic selain itu diketahui pula bahwa satu pasangan L rubellus bisa menghasilkan 2000 ekor cacing dalam 1 tahun.

L. rubellus, merupakan cacing berukuran relatif kecil dengan panjang antar 4 – 6 cm. Bagian punggungnya berwarna merah coklat atau berwarna merah violet. Selain warna dasar tersebut cacing ini juga memiliki warna iridescent atau warna pelangi. Pada umumnya L rubellus akan mencapai usia dewasa pada umur 179 hari, sedangkan umurnya bisa mencapai 2.5 tahun.

Di negara maju seperti Amerika Serikat, Kanada atau Jepang dan Taiwan, cacing ini, dalam bentuk tepung, dipakai sebagai bahan campuran makanan manusia, seperti biskuit dan minuman penyegar. Selain itu juga digunakan sebagai obat. Lumbrokinase, misalnya, adalah ektrak cacing L. rubellus yang digunakan sebagai bahan obat. Khasiat sebagai obat sendiri secara tradisional telah sering dilakukan, diantaranya untuk menyembuhkan penyakit tipus, yaitu dengan meminum juice L rubellus segar secara periodik selama waktu tertentu.

 
Beberapa kandungan nutrisi.

Daging Lumbricus rubellus diketahui mengandung kadar protein sangat tinggi, yaitu sekitar 76 %. Kadar ini lebih tinggi dibandingkan dengan daging mamalia (65%) atau ikan (50 %). Begitu juga dengan asam-asam amino esensialnya.

Selain bahan tersebut, diketahui pula mengandung alfa tokoferol atau vitamin E yang berfungsi sebagai anti oksidan dan bisa memicu proses reproduksi ikan.

Menurut Laverach (1963), kandungan nutrisi Lumbricus rubellus terdiri dari 16.3 % protein, 17 % karbohidrat, 4.5 % lemak, dan abu 1.5 %, sedangkan kadar bahan keringnya adalah 16.38 %. Kandungan protein 53.5% - 71.5 % dimiliki oleh Lumbricus terrestris dengan kadar bahan kering antara 15 – 20 %. Meskipun demikian, dengan mengacu pada kandungan nutrisi Laverach (1963) saja, kualitas daging Lumbricus rubellus sudah cukup untuk memicu pertumbuhan ikan dengan cepat

 
Pakan Ikan

Selain disajikan sebagai pakan segar untuk ikan, cacing tanah telah digunakan sebagai bahan campuran pakan ikan kering, seperti pellet dan flake. Diantara produk-produk yang dibuat dengan bahan dasar cacing ini ada yang disebut sebagai flake cacing tanah atau “Earthworm flake”.

Sebagai bahan pakan segar L rubellus bisa disajikan dengan berbagai cara tergantung pada ukuran ikannya. Pada ikan-ikan besar cacing bisa diberikan dalam bentuk utuh, setelah sebelumnya dibersihkan seperlunya. Sedangkan untuk ikan-ikan berukuran kecil perlu dipotong-potong terlebih dahulu disesuikan dengan mulut ikan yang bersangkutan.

  

 

Kecuali disebutkan dengan jelas, seluruh tulisan, gambar, ilustrasi dan foto pada situs web ini dibuat oleh Wahyu Purwakusuma. Tidak diperkenankan mereproduksi seluruh maupun sebagian isi situs ini dalam bentuk maupun media apapun tanpa ijin tertulis dari O-Fish.com