Best viewed with

 

Info Luo Han - Cupang Hias - Pojok Koi - Arwana - Diskus - Akuarium Laut- Koleksi Hobiis - Info Perundangan - Info Karantina - Forum Diskusi - Maskoki

Kualitas Air

Hama/Penyakit

Filter

Akuarium/Tank

Direktori Ikan

Direktori Tanaman Air

Pakan Ikan

Aquascaping

Berbagai Masalah dan Pemecahannya

O-Fish Home

 

 

 

Black Ghost (Apteronotus albifrons)

Black Ghost  atau Apteronotus albifrons adalah  ikan asal  sungai Amazon, Rio Paraguay, Brazil, Peru, Ekuador, Venezuela dan Guyana.   Ikan ini merupakan ikan   pendamai.  Ukurannya bisa mencapai 50 cm  dengan panjang rata-rata sekitar 35 cm.   Bentuk  tubuhnya pipih memanjang dengan  warna tubuh hitam dan berbercak putih atau kuning dibagian ekornya.  Berdasarkan bentuk tubuhnya tersebut Black Ghost digolongkan  kedalam ikan pisau (Knifefishes), yaitu gologan ikan  berbentuk menyerupai pisau yang melebar di  bagian kepala dan badan kemudian meruncing  dibagian perut.  

Black Ghost juga digolongkan kedalam "electric fishes", ikan yang mampu menghasilkan listrik.  Ikan ini digolongkan dalam ikan penghasil listrik lemah (< 1V/cm) dengan frekwensi medan listrik antara 0.1 - 10 kHz.  Listrik ini digunakan untuk mengenali objek disekitarnya dan untuk berkomunikasi dengan ikan listrik lainnya.  Sering disarankan agar Black Ghost tidak dipelihara lebih dari 2 ekor dalam satu tempat, atau dicampur dengan  ikan penghasil listrik lainnya seperti,  ikan gajah (Gnathonemus elephas, atau Gnathonemus petersii), karena hal ini diduga akan dapat saling mengganggu "sistem radar dan sistem navigasi" yang mereka miliki.    Black Ghost  diketahui sering juga memancarkan listriknya untuk mengejutkan ikan lain yang mencoba mendekati dan  "mengisengi" ekornya karena disangka sebagai mangsa.

Syarat Hidup

Black Ghost hidup pada selang suhu 23 - 28 C , pH 6. 5 - 7.5, dan kesadahan GH 5 - 15 (lunak).   Meskipun demikian secara umum  Black Ghost dapat hidup pada berbagai kondisi air yang bervariasi. 

Black Ghost merupakan karnivora,  makanan utamanya adalah pakan hidup, terutama cacing rambut.  Cacing  dapat pula diberikan dalam bentuk beku. Sampai tahap tertentu dapat pula menerima pakan kering.  

Secara umum Black Ghost  merupakan ikan pemalu dan dianjurkan untuk dipelihara dalam akuarium gelap dengan banyak tempat persembunyian seperti akar, kayu, atau bebatuan. Dianjurkan pula untuk memberikan dasar berpasir halus dengan banyak tanaman. 

Breeding

Black Ghost termasuk salah satu ikan yang berhasil diternakan dalam akuarium.  Ikan ini tergolong egg layer.  Dalam proses  breeding sering disiapkan batu, batang pohon pakis, atau lembaran keramik sebagai sarana untuk penempelan  telur mereka.

Perbandingan induk betina dan jantan untuk keperluan breeding adalah 2 : 1. Breeding dapat diakukan secara masalnya, misalnya dengan menempatkan 10 ekor induk betina dengan 5 ekor induk jantan pada satu akuarium.  Ikan jantan dan betina dapat dibedakan dengan membandingkan jarak mulut ke tutup insang.  Ikan jantan pada umumnya akan memiliki jarak yang lebih panjang dibandingkan dengan ikan betina.  Selain itu, ikan jantan pada umumnya mempunyai bentuk tubuh lebih langsing dibandingkan dengan induk betina yang biasanya berperut gendut.  Ikan ini biasanya sudah akan matang telur setelah berusia 1 tahun atau setelah mencapai panjang tubuh sekitar 15 cm. 

Akuarium breeding biasanya dibuat relatif gelap, hal ini dapat dilakukan dengan menutup akuarium yang bersangkutan dari gangguan sinar.  Pemijahan Black host terjadi pada malam hari. Apabila pemijahan telah terjadi, maka menjelang pagi hari, disarankan untuk segara mengeluarkan media penempelan telur dari dalam akuarium pemijahan dan memindahkannya kedalam akuarium penetasan  untuk menghindari telur-telur tersebut  dimangsa oleh induknya.   Telur yang dihasilkan  bisa mencapai 200 butir setiap hari.

Telur pada umumnya akan menetas setelah tiga hari.  Pada hari kesepuluh burayak sudah bisa diberi naupli Artemia.  Selanjutnya setalah burayak  beruaia  14 -16 hari sudah dapat diberi pakan lain seperti cacing rambut.  Dalam waktu 2 bulan, umumnya burayak sudah akan bisa mencapai ukuran 5 cm (2 inchi).

 

 

 

 

 

 

Copyright  2002  O-FISH. All Rights Reserved