MEDIA INFORMASI IKAN HIAS DAN TANAMAN AIR
Pastikan Aquarium Anda Indah dan Sehat
 
koleksi hobiis
profil hobiis
online store  
 

 

   

 

O-Fish:Aplocheilus panchax
 
Ikan Kepala Timah
Aplocheilus panchax

Bagi mereka yang sering jalan-jalan ke sawah, ikan Kepala Timah mungkin bukan hal yang asing. Ikan ini kerap dijumpai berenang bersama dengan Gambusia affinis, atau keluarga Poeciliidae lainnya. Ikan Kepala Timah atau dalam bahasa Latin disebut sebagai Aplocheilus panchax (Gambar 1.) memang merupakan ikan yang biasa hidup di persawahan. Mereka kerap ditemukan di kolam dan saluran irigasi, kanal, reservoir atau bahkan di daerah mangrove. Mereka lebih menyukai perairan berair jernih dengan tanaman terapung padat.

Gambar 1. Aplocheilus panchax

Ikan Kepala Timah, atau dalam bahasa Inggris disebut sebagai Blue Panchax, selain di Indonesia; juga bisa dijumpai di wilayah Asia lainnya seperti: Pakistan, India, Bangladesh, Myanmar, Nepal, Kamboja, Vietnam dan Srilanka. Mereka hidup pada selang pH 6.0 sampai 8.0, dH 5.0 - 12.0 dan selang suhu 20 -25° C.

Bintik putih di kepala merupakan ciri khas Blue Panchax.

Blue Panchax termasuk dalam keluarga Aplocheilidae (Killifishes). Mereka mudah dikenali dari bintik putih yang terdapat diatas kepalanya (Gambar 2.). Kehadiran bintik putih ini yang menyebabkan mereka disebut sebagai ikan kepala timah, karena mirip butiran timah yang melekat di kepalanya. Kegunaan utama ikan ini adalah sebagai pemakan jentik nyamuk. O-Fish berhasil mengumpulkan beberapa ekor ikan ini ketika mencari Lepidocephalus thermalis di perairan setempat.

Meskipun disebut sebagai Blue Panchax, strain yang dijumpai O-Fish cenderung berwarna kehijauan. Untuk strain ini, warna kebiruan baru akan tampak apabila diberi pencahayaan yang tepat. Dalam akuarium, Blue Panchax dapat menerima pakan kering. Mereka termasuk pendamai, setidaknya mereka tidak akan memakan rekan seakuarimnya selama ukurannya lebih besar dari mulutnya. Blue Panchax adalah perenang atas, dan akan sangat senang bila dalam akuarium diberikan tanaman terapung cukup banyak.

Photo: Wahyu Purwakusuma

  

 

Kecuali disebutkan dengan jelas, seluruh tulisan, gambar, ilustrasi dan foto pada situs web ini dibuat oleh Wahyu Purwakusuma. Tidak diperkenankan mereproduksi seluruh maupun sebagian isi situs ini dalam bentuk maupun media apapun tanpa ijin tertulis dari O-Fish.com