MEDIA INFORMASI IKAN HIAS DAN TANAMAN AIR
Pastikan Aquarium Anda Indah dan Sehat
 
koleksi hobiis
profil hobiis
online store  
 

 

   

 

O-Fish:Aplocheilus panchax
 
African Butterfly Fish (Pantodon buchholzi)
oleh: Johannes S
Mungkin kita sering menduga bahwa satu-satunya kerabat arowana hanyalah ikan arapaima ( Arapaima gigas ) dari sungai amazon. Pada kenyataannya tidak demikian.. Arowana termasuk dalam keluarga bony-tounge ( berlidah tulang ), dan dalam family ini masih terdapat dua jenis ikan lainnya, yaitu: Knifefish dan African butterfly (Pantodon buchholzi). African butterfly adalah satu-satunya ikan dalam family Pantodontidae. Ikan ini sangat mirip dengan ikan arowana dan knifefish yang termasuk dalam genus Osteoglossidae, karena memang masih termasuk dalam satu keluarga yaitu dalam family bony tounge fish (Osteoglossiformes ).
 
Gambar 1. African Butterfly Fish
 

African butterfly atau ikan kupu-kupu berasal dari perairan tropis afrika barat, terutama Nigeria, Cameroon dan Zaire di daerah selatan Niger, danau Chad, Congo dan daerah utara sungai Zambezi. Ikan ini hidup di permukaan air di sungai-sungai yang mengalir lamban dan di genangan-genangan air yang dikelilingi oleh pepohonan rimbun dan dipenuhi oleh cabang-cabang pohon yang menjorok ke air. Lingkungan seperti ini tentu saja kaya dengan serangga yang menjadi makanan pokok dari ikan ini.

Sebagai penghuni perairan atas, butterfly fish dapat dipelihara di aquarium berair dangkal. Ikan ini tidak rewel mengenai makanan, tetapi agar dapat tetap sehat, mereka membutuhkan serangga sebagai salah satu menu utamanya. Walaupun butterfly fish merupakan predator, ikan ini cenderung tidak memangsa ikan-ikan yang lebih kecil. Meskipun demikian, akan lebih baik apabila tidak mencampur ikan ini dengan ikan-ikan lain yang juga mempunyai daerah renang di perairan atas, seperti Hatchetfish. Sebaliknya butterflyfish bisa dicampur dengan aman bersama ikan-ikan yang berenang di bagian tengah dan bawah, karena ikan ini tidak pernah tercatat mencari makan di dalam air, selain di permukaan saja. Bila hendak memeliharanya, permukaan air di akuarium haruslah tenang, dan tidak mengalir. Mereka mencari makan berdasarkan kontak dengan permukaan air. Itulah salah satu sebab mengapa tidak disarankan mencampur ikan ini dengan sesama penghuni perairan atas, karena gerakan-gerakan ikan lain bisa menggangu instink butterfly fish. Butterfly fish diketahui hanya tumbuh sekitar 10 cm saja.
Salah satu fakta yang menarik dari ikan ini adalah mereka mendapatkan namanya dari sirip pectoralnya yang tampak seperti sayap kupu-kupu. Sirip ini tidak sepenuhnya membantu ikan tersebut untuk ‘terbang‘, akan tetapi lebih membantu dalam posisi mengambang. Mereka akan melompat untuk menyambar mangsanya. Secara pasti ikan ini mampu melompat hingga sejauh 2 meter. Meskipun demikian mereka tidak mengambang atau terbang menggunakan ‘sayapnya’ ( ikan yang benar-benar terbang menggunakan sayapnya adalah ikan hatchetfish dari amerika selatan ).

Karena kebiasaan “terbangnya” ini, disarankan untuk menanam tanaman mengambang seperti duckweed untuk mengurangi kebiasaannya tersebut, dengan tetap menyediakan area yang terbebas dari tanaman. Akuariumnya sendiri tentu saja harus tertutup dengan sangat baik.

Kondisi air yang diperlukan bagi kehidupan Butterfly fish haruslah lunak (<10°dGH) dan tingkat kemasaman agak masam (pH<6.5). Filtrasi melalui peat sangat direkomendasikan. Penerangan sebaiknya tidak terlalu terang, karena pada konsisi alamnya sendiri ikan ini hidup di hutan-hutan yang penuh dengan tanaman, sehingga airnya sendiri tentu saja dipenuhi daun-daun yang membusuk, kondisi airnya asam, dan sinar matahari sulit menembus air karena pepohonan yang sangat rimbun. Ikan jantan memiliki sirip anal yang melengkung, sementara ikan betina memiliki sirip yang lurus. Walaupun membedakan ini cukup mudah, tetapi breeding ikan ini dalam akuarium cukup sulit dilakukan. Temperatur air tidak terlalu kritikal selama tidak terlalu ekstrem ( terlalu panas atau terlalu dingin )

Secara umum, butterfly fish adalah ikan yang sangat unik, dan sangat menarik untuk dipelihara. Walapun tidak tampak terlalu cantik, ikan ini tetap merupakan ikan koleksi yang mengagumkan..

  

 

Kecuali disebutkan dengan jelas, seluruh tulisan, gambar, ilustrasi dan foto pada situs web ini dibuat oleh Wahyu Purwakusuma. Tidak diperkenankan mereproduksi seluruh maupun sebagian isi situs ini dalam bentuk maupun media apapun tanpa ijin tertulis dari O-Fish.com