MEDIA INFORMASI IKAN HIAS DAN TANAMAN AIR
Pastikan Aquarium Anda Indah dan Sehat
 
koleksi hobiis
profil hobiis
online store  
 

 

   

 

 
KURANG MONCONG BABI (Carettochelys insculpta)
oleh: Johannes S
Hewan air yang satu ini merupakan hewan asli Indonesia. Kura-kura moncong babi (Carettochelys insculpta), disebut juga fly river turtle, terdapat di sungai-sungai di Irian jaya, yaitu di daerah Danau Jamur hingga daerah Merauke, dan daerah utara Australia. Kura-kura ini merupakan kura-kura yang ‘Full aquatic’, hampir seluruh hidupnya dihabiskan di air, mereka baru akan pergi ke daratan hanya untuk bertelur. Hal yang unik dari kura-kura ini adalah bahwa mereka memiliki kaki-kaki yang lebih menyerupai sirip renang, seperti pada penyu air laut, satu hal yang mendukung bahwa mereka lebih beradaptasi untuk kehidupan dalam air. Kura-kura ini mendapat julukan ‘kepala babi’ atau ‘moncong babi’ karena memiliki moncong yang menyerupai hidung babi. Tempurung (karapas) kura-kura ini lebih menyerupai kulit tebal dibandingkan dengan tempurung kura-kura lainnya, karena kura-kura ini memang lebih dekat dengan keluarga kura-kura yang bertempurung lunak (soft-shell ), seperti labi-labi.
 
Gambar 1. Carettochelys insculpta
 
Pada kura-kura ini, bagian tubuh sebelah atas, karapas ( tempurung ) dan kaki-kaki berwarna abu-abu gelap, sedangkan bagian tubuh sebelah bawah berwarna terang, hal tersebut merupakan kamuflase agar pemangsa sulit menemukan mereka. Kura-kura Moncong Babi dapat tumbuh cukup besar, mereka bisa mencapai berat 22,5 kg, dan panjang 56 cm. Walaupun demikian, sebagai hewan peliharaan biasanya sulit mencapai ukuran tersebut.
 
Pemeliharaan

Bila hendak memelihara kura-kura Moncong Babi, sebaiknya tidak menyimpan terlalu banyak kura-kura dalam satu tempat. Mereka cukup agresif, oleh karena itu, sebaiknya ditambahkan tempat persembunyian bagi setiap individu. Kura-kura ini termasuk hewan aktif, berenang kesana kemari dalam akuarium sehingga tidak membosankan untuk dilihat. Suhu air harus diatur berkisar 26ºC sampai 30ºC. Kualitas air harus baik karena bila tidak mereka akan mudah terserang jamur.

Hal penting lainnya adalah, agar mereka tetap sehat, mereka harus terkena sinar matahari, dan bila mungkin jangan disimpan ditempat yang tersorot langsung, untuk menghindari pengaruh terhadap suhu air. Hal tersebut, tentu saja bukan merupakan masalah bila hendak menyimpan kura-kura ini dalam kolam.

Karena kebutuhan hidupnya yang khusus, dan keunikannya, sebaiknya tidak mencampur kura-kura ini bersama kura-kura jenis lainnya, diantaranya:

Kura-kura Moncong Babi merupakan jenis yang cukup agresif. Bila kura-kura lainnya lebih lemah, mereka akan menjadi bulan-bulanan kura-kura ini

Sebaliknya, apabila kura-kura jenis lainnya lebih kuat, maka kura-kura ini yang akan menjadi bulan-bulanan mereka, kura-kura moncong babi memiliki tempurung yang lemah, sedikit saja terdapat luka akan sangat membahayakan hidupnya

Kualitas air harus sangat baik, karena kura-kura ini mudah terkena jamur, untuk itu sangat disarankan adanya penggunaan filter. Penggunaan jenis filter tergantung dimana kura-kura ini akan dipelihara. Bila akuarium tempat mereka dipelihara tidak memiliki akses terhadap sinar matahari, maka anda harus menyediakan lampu UV khusus untuk mengganti sinar matahari. Setiap hewan reptil membutuhkan sinar matahari untuk membentuk vitamin D3 dalam tubuhnya.
Kura-kura Moncong Babi merupakan hewan omnivora, dan mereka tidak rewel terhadap makanan. Kura-kura ini bisa diberi makan ikan kecil, udang, daun kangkung dan pelet ikan. Khusus pellet ikan, kura-kura ini seringkali butuh waktu untuk mengenali pelet adalah makanan, dan seringkali beberapa individu tidak mau makan langsung dari permukaan.

 
Penutup

Indonesia merupakan tempat yang kaya akan flora dan fauna. Bagi para pencinta hewan, masih banyak sekali hewan-hewan eksotis yang mungkin belum dikenal yang bisa ditemukan di sini. Kura-kura moncong babi adalah salah satu contoh nyata. Hewan ini hanya bisa ditemukan di Indonesia, papua, dan beberapa wilayah Australia. Hewan unik ini bisa menjadi salah satu koleksi yang baik, karena tampangnya yang unik, malah terkadang tampak lucu, dan pemeliharaannya relatif mudah. Sepanjang yang penulis tahu, semua kura-kura yang berada dipasaran berasal dari tangkapan alam, sangat sedikit atau malah belum ada yang berhasil memijahkan kura-kura ini. Yang sudah diketahui adalah keberhasilan mengikubasikan telur kura-kura ini dalam kaptivitas. Semoga saja penelitian yang terus menerus akan kura-kura ini bisa membuahkan hasil sehingga nantinya supply hewan ini tidak tergantung dari alam, karena eksplorasi yang berlebihan akan merusak keseimbangan alam. Pada saat ini kura-kura moncong babi termasuk dalam status dilindungi alias terlarang untuk diperjualbelikan. Sejak tahun 1987, mereka telah dipayungi oleh Keputusan Menteri Pertanian No. 327 Kpts/Ums/5/1987. Lalu diperkuat dengan Peraturan Pemerintah (PP) Republik Indonesia Nomor 7 tahun 1999. Dan CITES pun memasukannya ke dalam appendix I. Artinya, segala bentuk perdagangannya, dengan mengambil dari habitatnya, akan ditolak di dunia internasional.

  

 

Kecuali disebutkan dengan jelas, seluruh tulisan, gambar, ilustrasi dan foto pada situs web ini dibuat oleh Wahyu Purwakusuma. Tidak diperkenankan mereproduksi seluruh maupun sebagian isi situs ini dalam bentuk maupun media apapun tanpa ijin tertulis dari O-Fish.com