MEDIA INFORMASI IKAN HIAS DAN TANAMAN AIR
Pastikan Aquarium Anda Indah dan Sehat
 
koleksi hobiis
profil hobiis
online store  
 

 

   

 

 
RED RAINBOWFISH (Glossolepis incisus, Weber . 1908)
oleh: Ghaniyya Aquarts
Ikan Glossolepis incisus yang lebih akrab dinamakan red rainbow, merupakan ikan yang berasal dari danau Sentani dan beberapa danau lainnya di Pulau Irian (Irian Jaya maupun Papua New Guinea). Ikan ini pertama kali di deskripsikan dan diperkenalkan oleh Weber pada tahun 1908. Red rainbow merupakan ikan dengan karakteristik pendamai dan sangat ideal untuk aquascaping karena kekontrasan warnanya dalam sebuah aquarium. Beberapa aquaris biasanya menempatkan beberapa ekor ikan aquarium (untuk membentuk suatu kelompok). dalam komunitas akuarium.
 
Photo: Januar Kwee
Gambar 1. Glossolepis incisus
 
Karakteristik akuarium ideal bagi ikan red rainbow adalah adanya pergerakan air berupa arus air yang relatif tenang. Mereka akan lebih baik bila disandingkan dengan beberapa tanaman air didalamnya. Dalam memelihara ikan ini yang terpenting dan patut dicatat adalah kondisi air yang diberikan sebaiknya relatif cukup jernih. Semakin jernih air yang disediakan akan menambah “kebetahan” ikan ini untuk hidup dan bercengkrama dalam akuarium.
 
Sexing

Membedakan antara jantan dan betina dari red rainbow sangatlah mudah yaitu dengan melihat warna sisik/tubuhnya. Seekor red rainbow jantan akan terlihat berwarna merah terang sedangkan betina dari family ini cenderung berwarna kuning pucat dan sirip yang transparan.

Perubahan atau peningkatan warna pada tubuh ikan ini biasanya terjadi setelah panjangnya mencapai ukuran 5 cm. Panjang maksimum ikan red rainbow di lingkungan sesungguhnya adalah sekitar 15 cm (dalam lingkungan akuarium biasanya kurang dari 15 cm).

 
Parameter Air
Rekomendasi parameter air untuk berkembang dan memijah dari family ini adalah kesadahan air (GH) antara 18-25 dengan pH antara 7 – 7.5 (netral atau sedikit alkalin), dalam menampilkan seluruh keindahan warna pada seekor jantan red rainbow sebaiknya kondisi suhu dari aquarium berkisar antara 22 sampai 28 C. Zona renang red rainbow adalah pada permukaan atau di bagian tengah.
 
Pemijahan / Breeding

Ikan red rainbow adalah jenis ikan yang mudah untuk dipijahkan. Telur akan diletakkan pada tanaman air yang bersih. Para petani ikan biasanya akan memberikan potongan-potongan tali fafia yang cukup halus untuk menggantikan tanaman air, lumut untuk menggantikan lingkungan alam sesungguhnya. Telur biasanya akan diletakkan pada pagi hari dan setelah 7 hari pengeraman telur-telur tersebut akan menetas. Sebaiknya setelah beberapa hari juvenil / burayak red rainbow dipisahkan dari induknya. Kemudian diberikan pakan yang sesuai untuk burayak ikan

Bila anda adalah seorang hobies komunitas ikan eksotik dengan temperamen friendly minded. Ikan ini adalah salah satu pilihan terbaik anda. Kehadiran dengan keindahan warna yang khas di seluruh tubuhnya akan menambah keindahan maupun ketentraman bagi yang melihat.

  

 

Kecuali disebutkan dengan jelas, seluruh tulisan, gambar, ilustrasi dan foto pada situs web ini dibuat oleh Wahyu Purwakusuma. Tidak diperkenankan mereproduksi seluruh maupun sebagian isi situs ini dalam bentuk maupun media apapun tanpa ijin tertulis dari O-Fish.com