MEDIA INFORMASI IKAN HIAS DAN TANAMAN AIR
Pastikan Aquarium Anda Indah dan Sehat
 
koleksi hobiis
profil hobiis
online store  
 

 

   

 

O-Fish: Introduksi
 

PENGANTAR

Menghadirkan keindahan kehidupan di dalam air di rumah kita, baik itu berasal dari lingkungan air tawar, maupun dari lingkungan (air) laut, bukanlah hal yang sulit. Yang diperlukan adalah sebuah bak kaca dan beberapa alat pendukung kehidupan mahluk air tersebut, sedikit pengetahuan dasar tentang kimia air, sedikit informasi mengenai perilaku penghuni, dan sedikit sentuhan seni, serta waktu yang dapat diluangkan untuk merawatnya

Keindahan tidak harus berarti mahal, banyak alternatif penghuni akuarium yang dapat dijadikan pilihan, dari yang paling murah sampai yang paling mahal. Pilihlah yang sesuai dengan selera dan kemampuan serta selaraskan dengan keindahan yang ingin dihadirkan. 

Dengan sedikit sentuhan seni, sesuatu yang sederhana bisa berubah menjadi karya yang spektakuler. Mulailah dengan memikirkan sebuah tema kehidupan air yang ingin dihadirkan, sehingga orang akan mudah tergiring pada hal yang ingin ditonjolkan dari tampilan tersebut dan terperangkap dalam keindahan yang disajikan.

 

Satu hal yang perlu diingat bahwa keberhasilan memelihara ikan hias tergantung pada keberhasilan "memelihara" airnya. Apabila kita berhasil "memelihara" airnya maka ikan dan penghuni akuarium lainnya otomatis akan dapat memelihara dirinya sendiri.

 

Adakalanya kita akan menyadari, bahwa menjadi seorang hobiis ikan hias, mau tidak mau, secara  otomatis akan sekaligus pula menjadi seorang orang "ahli" kimia, fisika, biologi dan matematika. Tidak percaya?? Cobalah memulai memelihara ikan hias dan membuktikannya. Meskipun demikian, anda tidak akan sendirian, banyak para hobiis lain yang akan siap membantu anda. Kalau perlu ikutilah klub-klub ikan hias di tempat anda atau bergabunglah dengan kelompok-kelompok diskusi virtual mengenai ikan hias  di internet.

 

Selamat mencoba
Salam
W.Purwakusuma

  

 

Kecuali disebutkan dengan jelas, seluruh tulisan, gambar, ilustrasi dan foto pada situs web ini dibuat oleh Wahyu Purwakusuma. Tidak diperkenankan mereproduksi seluruh maupun sebagian isi situs ini dalam bentuk maupun media apapun tanpa ijin tertulis dari O-Fish.com